Walikota Solok H. Zul Elfian Lanjutan Program Pembangunan Kota Solok Menjadi Target Utama Pemkot Solok

0
1

jakartamedia.co.id | Kota Solok –Dihadapkan jamaah Masjid, Wali Kota Solok , H. Zul Elfian Umar mengatakan pemerintah daerah berupaya sekeras untuk mempercepat pembangunan di Kota Beras Serambi Madinah, kesemua hal itu,  Ia mengaku telah mengikuti rangkaian kegiatan pertemuan dengan Kementerian.

Hal demikian disampaikan H. Zul Elfian Umar dalam sambutannya saat memimpin tim safari Ramadhan di hadapan jemaah masjid Raudhatul Jannah di kelurahan Pasir Pandan Air Mati (PPA), Senin.
Menurut Walikota Solok, momentum Safari Ramadhan adalah sebagai wadah silaturahmi antara pemerintah dan masyarakat. Selain itu, Safari Ramadhan ini juga ajang berbagi informasi pembangunan daerah secara langsung kepada masyarakat.

Disampaikan, dia  target rencananya dalam pengembangan sektor wisata di Kota Solok, diantaranya pengembangan kawasan wisata Pulau Belibis dengan domenya, Kawasan wisata Sawah Solok, Batu Patah Payo dengan Agrowisatanya, Puncak Bidadari dengan Paralayang.
Dengan keterbatasan anggaran APBD, sebut Zul Elfian Umar, akibat refocusing anggaran yang diperuntukkan bagi penanganan Covid-19, maka bantuan anggaran melalui dana DAK fisik Kementerian tahun 2022 sangat diharapkan guna mewujudkan program ini.
“Dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terkait rencana tersebut sangat dibutuhkan, tanpa dukungan dari Pemerintah Pusat dan lembaga legislatif, daerah akan sangat terbatas dalam mewujudkannya” katanya.

Dijelaskannya, program strategis penting lainnya, termasuk bidang keagamaan dan lanjutan pembangunan RSUD Solok masih menjadi prioritas, kita berharap di tahun 2022 RSUD kota Solok sudah bisa dioperasikan,” tuturnya.

Hingga kini, sejumlah bangunan rumah sakit sudah rampung dibangun seperti ruang Intsalasi Gawat Darurat (IGD) dan ruang rawat inap, tinggal lanjutan sejumlah bangunan lainnya.”Kita prioritaskan untuk menyelesaikan RSUD Kota Solok sehingga bisa meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat, tinggal kota kita yang belum punya rumah sakit milik sendiri,” kata Zul Elfian.

Selain lanjutan pembangunan RSUD Kota Solok , Pemko juga memprioritaskan lanjutan pembangunan stadion sepakbola, stadion yang dibangun di kawasan Laiang kota Solok itu ditargetkan selesai 2024.
“Kita targetkan rampung sebelum kota Solok menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang rencana dilangsungkan tahun 2024 mendatang,” paparnya.

Lanjutan pembangunan jalan lingkar Utara, optimalisasi sarpras pasar raya Solok, serta program keagamaan.

Lalu, untuk program keagamaan kata Zul Elfian Umar, Ia mengajak pengurus masjid Raudhatul Jannah untuk mengaktifkan dan memaksimalkan program Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) untuk membantu pengembangan ekonomi umat.

BMT merupakan salah satu lembaga keuangan mikro berbasis masjid yang dilakukan oleh Pemerintah kota Solok sejak tahun 2008 silam, masjid tidak hanya menjadi sarana untuk beribadah bagi umat Islam dan wadah pendidikan keagamaan di kota Solok, akan tetapi juga bisa menjadi basis dalam penguatan ekonomi warga.
“Alhamdulillah, program BMT sudah berjalan di kota Solok dan terus berkembang. Ini perlu diperkuat sehingga memang menjelma menjadi pondasi dalam penguatan ekonomi umat,” paparnya.
Dalam kesempatan itu, TSR kota Solok memberikan bantuan untuk Pembangunan  Masjid senilai 3 juta rupiah,…(Roni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here