Tundra Meliala Turut Prihatin Terjadinya Gesekan Pengelola Media Dengan M. Nuh Terkait Harus Ada Ijin Dewan Pers

0
1313
Foto : Tundra Meliala Ketum Persatuan Wartawan Nasional ( PP PWN)

Jakarta. jakartamedia.co.id – Terkait dengan pernyataan Ketua Dewan Pers, M. Nuh, bahwa perusahaan pers yang telah memiliki legalitas hukum, akta pendirian atau PT dan SIUP, dianggap belum cukup memenuhi kriteria sehingga harus dapat ijin dari Dewan Pers. Hal ini membuat perusahaan media beraksi keras terhadap syarat yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan Nasional kabinet Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, M. Nuh, di Makassar beberapa waktu lalu.

Pemerintah pusat maupun pemerintah daerah agar tidak melakukan kerjasama dengan pengelola media yang belum terverifikasi oleh Dewan Pers, pernyataan tersebut menjadi polemik dan memberikan reaksi yang cukup keras dari beberapa organisasi pers maupun perusahaan media.

Tundra Meliala, Ketua Umum Persatuan Wartawan Nasional, menyampaikan kepada wartawan jakartamedia.co.id, tergelitik untuk turut menyampaikan, merasa prihatin, atas respon yang dilontarkan beberapa organisasi pers dengan nada sumbang. Memang, sangatlah biasa dalam hal membangun pondasi berimbang, antara Dewan Pers dan pengelola media ada gesekan kecil, agar menjadi satu kesatuan yang bulat serta permanen, jika sinergi dijalankan, baik dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah, Insyaa Allah gesekan yang ada menjadi manis dirasakan kedepannya.

Himbauan kepada teman – teman agar tetap semangat dan tidak perlu mempermasalahkan pernyataan Dewan Pers yang menyulitkan bagi sebagian pengelola media. Diperlukan kesadaran sederhana agar duduk kedua pihak dalam menyikapi persoalan yang tidak rumit ini, ujar Tundra, alumni PPRA 51 Lemhannas RI, melalui jaringan WhatsApp atau biasa disebut WA.

Melihat dari UU Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers, Bab V, Dewan Pers, Pasal 15, 2 (f) Mendata perusahaan pers. Dengan kata lain, bukan ijin yang diberikan tapi hanya mendaftar di Dewan Pers. Diperlukan terjemahan yang tepat dan tidak mengganggu jalannya aktifitas pemberitaan dan pengelola media. Dewan Pers harus dewasa dikritik dan tidak alergi demi membangun kebersamaan pandangan.

Jabatan lain Tundra, selaku Sekjen Yayasan Pengelola Sarana Pers Nasional dikenal YPSPN, agar setiap media dan organisasi pers mempunyai jiwa kreatif dan tidak habis akal dalam melakukan pengembangan diri bahkan menjadi peluang bisnis dengan memanfaatkan jaringan yang sudah terbina sebelumnya, ujar Tundra, mengakhiri pembicaraannya.***Red***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here