Satlantas Polres Kotim Sapu Bersih Knalpot Tidak Standar

0
4

Jakartamedia.co.id | Sampit – Satuan Polisi Lalulintas Polres Kotim jajaran Polda Kalteng, melakukan operasi penindakan tegas terhadap sepeda motor dengan modifikasi knalpot bersuara bising yang dikenal dengan istilah knalpot racing atau knalpot brong, dalam kota Sampit, Kabupaten Kotim, Provinsi Kalteng.(22/03/2021)

Kapolres Kotim AKBP Abdoel Haris Jakin S.I.K.,M.Si melalui Kasat Lantas AKP Salahiddin S.H.,S.E menyebutkan apabila anggotanya di lapangan menemukan pengendara motor berknalpot bising akan langsung di tindak ditempat.

“Untuk anggota Kami yang melakukan operasi knalpot bising ini di lapangan, ketika menemukan pelanggaran penggunaan knalpot bising akan langsung ditindak dengan mengambil motornya. Jika si pemilik ingin mengambil motornya dia harus membawa knalpot asli atau yang sesuai dengan standar,” sebut Salahiddin. (22/03)

Dalam penegakan disiplin penggunaan knalpot sesuai standar tersebut, Kasat Lantas melanjutkan bahwa pihaknya akan terus melakukan kegiatan itu secara persuasif. Dengan harapan kepada masyarakat juga dapat disiplin dalam mematuhi aturan–aturan yang sudah di tentukan.

“Aturan kebisingan ini sebagaimana diatur dalam peraturan menteri negara lingkungan hidup Nomor 7 Tahun 2009, dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa tingkat kebisingan untuk motor kapasitas 800cc hingga 175cc maksimal 83 dB dan diatas 175cc maksimal 80 dB (dB- satuan keras suara). Sementara untuk penindakan pengendera yang mengatur knalpot racing sesuai dengan undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan,” jelas polisi dengan pangkat AKP itu.(Ariyanto / humas Polres Kotim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here