Program PATB 2020 Kelompok Tani AGTA III dan Gerakan Tanam Kedelai 2021 Kelompok Tani AGTA II Sukses Dilaksanakan

0
19

jakartamedia.co.id | Kegiatan Gerakan Panen Padi Program PATB 2020 Kelompok Tani AGTA III dan Gerakan Tanam Kedelai 2021 Kelompok Tani AGTA II Berlangsung Di dua Desa , Tanjung Sari dan Wanasari pada Kecamatan Agrabinta Kabupaten Cianjur 9/2 – 2021

Hadir dalam acara tersebut Camat, Kepala DPPPH , PTPN VIII , Kepala Dinas TPH Jabar , Direktorat Serelia serta dari Direktorat aneka kacang dan umbi, acara dan kegiatan tersebut di laksanakan di lahan kerja sama perkebunan dan Kementrian Pertanian yang dikelola oleh petani seluas 600 hektar.

Hasilnya sangat memuaskan sebab 1 hektar hasil panen perdana telah mencapai 4 ton.

Dalam kesempatan ini Mulyono yang mewakili Direktorat Aneka Kacang
Dan Umbi mengatakan Pada wartawan Jakarta Media Dibutuhkan kerja keras dan Bahu – membahu. Dengan instansi terkait seperti Camat, Kepala Desa dan Dinas Pertanian didaerah dan Pemerintah atau Kementan segera dan siap Memfasilitasi atau memberikan Bantuan Pupuk ,Bibit dll. Ujar Mulyono .

Kelompok Tani Yang terlibat dalam Panen Raya juga berkomentar , sangat berterimakasih dan merasa bangga atas bantuan dan fasilitas yang diberikan pemerintah , sehingga kelompok petani sudah disejahterakan hidupnya.

Dan hari ini pun Kegiatan tanam kedelai dilakukan atas Fasiltas Pemerintah Cq Kementerian pertanian berupa bibit dan pupuk serta pestisida.

Sementara itu Indra Rohmadi Msi yang mewakili Direktorat Serealia dan hadir pada pelaksanaan panen padi tersebut juga memberi kan komentarnya, bahwa hasil Rilis BPS , untuk peningkatan ekonomi salah satunya di lihat dari sektor pertanian yaitu pada sektor tanaman pangan yang mencatatkan peningkatan sebesar 10,4 % , sektor ini ditunjang dengan adanya Kegiatan PATB.

Salah satu contoh real adalah yang kita lihat saat ini yaitu panen padi di Kecamatan Agrabinta Cianjur Selatan lebih Lanjut Indra menambahkan dengan kerjasama yang sangat baik antara
PTPN VIII serta Dinas Pertanian dan kementerian Pertanian kita dapat mensejahterakan para petani.

Disamping itu pula tambahan produk di padi akan menguatkan kita dari aspek Supply untuk dapat menekan impor.

Sejalan dengan kegiatan tersebut, Kementan telah melaksanakan sebuah program untuk tetap menjaga stock pangan aman, yaitu dengan Perluasan areal tanam baru / PATB , Suwandi Pun selaku dirjen Tanaman pangan selalu menyampaikan perihal PTAB menjadi syarat utama lokasi untuk mendapatkan bantuan pemerintah, hal tersebut agar bantuan pemerintah dapat menjangkau wilayah wilayah yang sulit secara akses sarana produksinya, untuk mempertahankan keberlanjutan tanam , areal PTAB yang tidak bisa dibantu pada tahun ini akan berlanjut pada tahun berikutnya dan untuk selanjutnya petani akan difokuskan pada kemandiriannya dengan memanfaatkan subsidi Pemerintah lainnya, Intervensi Kementan untuk PATB tidak main-main, kami bantu dengan sarana produksi benih, pupuk pestisida serta Herbisida untuk penanaman padi dilahan PATB, tidak sekedar bantuan sarana produksi,bahwa kegiatan PATB juga memberikan bantuan padat karya olah tanah atau lahan dan mumur

 

(EY & BP 21)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here