Perayaan Natal di Nusa Tenggara Timur (NTT) Sangat Aman dibantu Banser.

0
416

jakartamedia.co.id – Perayaan Natal yang diimani umat kristiani sejagad sebagai peringatan Kelahiran Yesus Kristus sang juru selamat umat manusia di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah berjalan aman dan damai.

Suasana aman dan damai itu pun masih terasa hingga saat ini. Apresiasi seluruh pemimpin umat kristiani dan para pemuka agama dilayangkan ke aparat keamanan yang dengan ikhlas hati melaksanakan tugas pengamanan di gereja-gereja saat perayaan dan ibadah dilangsungkan.
Tak hanya aparat keamanan unsur TNI dan Polri. Gerakan Pemuda Ansor NTT bahkan menerjunkan sedikitnya 500 personel untuk kegiatan pengamanan Perayaan Natal di sejumlah Gereja. Aksi yang dilakukan Banser NTT, sudah terjadi sejak beberapa tahun silam. Bahkan jauh sebelum Indonesia bicara soal toleransi.

Kasatmata, suasana aman dan damai di Perayaan Natal 2019 ini serupa pada tahun-tahun sebelumnya. Suasana kota-kota di wilayah NTT umumnya berjalan aman dan damai. Tak ada pelarangan ibadah. Tak ada sweeping dan tak ada hal mengganggu lainnya saat perayaan. Semuanya berjalan aman dan damai.
Kedamaian yang dirasakan umat kristiani di provinsi berbasis kepulauan itu, bukan karena agama kristen (Katolik dan Protestan) mendominasi alias mayoritas. Namun karena penerapan kehidupan sosial yang mengedepankan kekerabatan.
Pola hidup sosial dengan mengedepankan kekerabatan itulah telah mengubah cara pandang sebagai sesama. Tidak ada lagi pandangan bahwa ‘dia agama apa’. Tetapi yang tergambar adalah ‘dia adalah kerabat saya’. (Ege Rasi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here