Penyuluhan Kepada UKM Dengan Tema “Membangun Ekonomi Kreatif Melalui UKM Go Export ” Bersama GENSA

0
102

jakartamedia.co.id – Bertempat di Mall WTC Matahari Serpong Tangerang Selatan. Galeri Etnik Nusantara (GENSA) kembali mengadakan Event penyuluhan kepada anggota UKM PT. Mitra Dinamika Sejahtera, “Membangun Ekonomi Kreatif Melalui UKM Go Export”. Sebagai bentuk implementasi dari MOU antara Universitas Pamulang (UNPAM) dan Dinas Koperasi Tangsel yang kedua, setelah Expo Pelangi Nusantara pada November 2019 lalu. Minggu (08/03/20).

Acara tersebut pun dihadiri oleh perwakilan Pusat Perdagangan Indonesia, Dinas Koperasi dan UKM Tangsel, Dinas Pariwisata Tangsel, dan perwakilan semua Prodi D3 Unpam.
GENSA sekarang sudah memiliki wadah yang jelas untuk merekrut para pelaku UKM, dan dapat bergabung dengan Koperasi pemasaran berskala Nasional yang sudah berbadan hukum resmi.

Deden Deni SE. MM. Selaku Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel mengatakan bahwa, mulai tahun ini akan diadakan pendataan kepada para pelaku UKM yang ada di Tangsel. Hal ini akan mempermudah untuk mengetahui sejauh mana keadaan para pelaku UKM yang ada.
“Melalui GENSA ini, kami sangat terbantu dalam pengembangan UMKM di Tangsel. Produk-produk UKM yang ada di Tangsel belum semua dapat dipatenkan. Maka dari itu, kita harapkan untuk kedepannya dapat dibantu oleh semua untuk mematenkan produk khas yang dari Tangsel.” Ujarnya

Dalam acara tersebut ada berbagai penyuluhan, seperti penyuluhan manajemen Koperasi yang dibawakan oleh Edi Junaedi SE. MM (Dosen UNPAM), serta penyuluhan tentang bagaimana Expor yang baik di Indonesia yang dipaparkan oleh Sapto Hadi Imam B.Sc (Dosen UNPAM). Yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Sementara itu Racheltera Triyati selaku Direktur GENSA pun menjelaskan jika, Event ini adalah sebagai bentuk implementasi kerjasama dari Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel, dan Universitas Pamulang dengan GENSA. GENSA ingin tahun ini lebih fokus untuk menuju kemandirian, mandiri dalam mengembangkan produk-produk UKM dan destinasi wisata di Kota Tangsel. Karena memang GENSA pun dari awal bagian destinasi wisata juga di Tangsel.

“GENSA juga siap membantu dalam hal menentukan apa produk yang khas dari Kota Tangsel. Serta GENSA tidak juga melulu di Tangsel, dengan bertambahnya anggota UMKM dan UKM yang bergabung. Jadi GENSA juga akan hadir ke Kota-kota Lainnya. Kamipun tetap fokus pada tujuan awal, yaitu membentuk UKM Indonesia yang mandiri dan sejahtera.” Ungkap Rachel

Harapan untuk masyarakat kedepannya dapat mengenal, bergabung, dan mencintai GENSA. Untuk pemerintah diharapkan dapat lebih membantu GENSA dalam hal memajukan produk-produk lokal yang ada.

“Semoga kedepannya dengan adanya PPM ini, para pelaku UKM yang ada dapat terbantu meningkatkan kualitas sesuai kurasinya”. Pungkas Rachel.  (Tini)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here