Pemerintah Siapkan Bantuan Ahli Waris Korban Meninggal Peristiwa Banjir

0
58

Jakartamedia.co.id –  Bertempat di Masjid Raya Universitas Borobudur Jakarta Timur, Menteri Sosial RI, Juliari P. Batubara, mengungkapkan pemerintah akan menyalurkan santunan kepada korban meninggal akibat bencana banjir tersebut. “Makanan, bantuan tenda-tenda, peralatan dapur, selimut, juga kalau yang trauma ada dukungan psikososialnya. Nanti kita upayakan yang terbaik, untuk yang korban meninggal, kita berikan santunan terhadap ahli warisnya sebesar 15 juta (rupiah) per korban,” tandasnya.

Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinsos DKI Jakarta, Tarmijo Damanik menjelaskan bahwa ahli waris korban bencana yang meninggal dapat mengajukan bantuan santunan ke Kementerian Sosial RI, melalui usulan Dinas Sosial setempat dengan menunjukkan sejumlah bukti administrasi kependudukan, kartu keluarga, surat keterangan kematian, serta keterangan saksi.

“Adanya santunan ini berasal dari Kemensos RI. Kami Dinas Sosial berupaya mendata dan mengajukan permohonan. Kami juga mengingatkan kepada ahli waris, mulai menyiapkan berkas apa saja yang perlu disiapkan. Atau mungkin nanti setelah banjir sudah mulai surut,”tuturnya.

Santunan tersebut berlaku bagi korban banjir di Jakarta dan sekitarnya. Khusus di Cipinang Melayu, Juliari menyerahkan uang santunan tersebut kepada seorang ahli waris dari Siti Hawa, 72 tahun. Siti meninggal akibat hipotermia saat rumahnya direndam banjir kemarin.

“Untuk korban meninggal, kami berikan santunan terhadap ahli warisnya. Nanti kami upayakan yang terbaik,” tuturnya.Yus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here