Masih Menggunakan Kapas? Ternyata Merugikan Diri Sendiri dan Lingkungan Sekitar

0
1267

jakartamedia.co.id – Make Up adalah point penting bagi perempuan untuk tampil cantik dan fresh pada saat beraktivitas sehari-hari. Tentu saja pada saat beraktivitas wajah kita terkena sinar matahari dan debu. Kalau tidak dirawat akan menimbulkan masalah kulit wajah. Oleh karena itu, perempuan sangat memperhatikan kebersihan wajahnya. Salah satu cara yang biasa dilakukan perempuan untuk menjaga kebersihan dan merawat wajahnya adalah Menghapus Make Up dengan Clean Remover dan Penggunaan Skin Care yang diusapkan ke seluruh wajah dengan menggunakan kapas. Sampai sekarang ini kebiasaan penggunaan Kapas masih terus dilakukan. Apakah kalian menyadari bahwa penggunaan kapas itu ternyata memberikan dampak negatif untuk lingkungan dan kulit wajah kita. Penasaran? Simak pernyataan di bawah ini.

1. Dampak Bagi Lingkungan

Sampah kapas merupakan sampah organik yang tidak kalah dengan sampah anorganik yang bisa memberikan dampak negatif bagi lingkungan.

Dilansir dari databoks.katadata.co.id “Analisis yang dilakukan Bank Dunia pada 2018 di 15 kota di Indonesia bagian tengah dan barat menunjukkan komposisi sampah kota bervariasi. Penyumbang sampah kota terbesar adalah sampah organik sebanyak 44%” (Dwi Hadya Jayani, 2019).

Selain itu, Direktur Pengelolaan Sampah Novrizal mengatakan “Sampah Kapas relatif masalah lebih mudah terselesaikan ketimbang sampah plastik. Karena sampah kapas termasuk kategori organik sehingga bisa terurai di alam”.

“Sampah kapas bisa dikelola di Landfill System. Jika sampah kapas tidak dikelola tidak akan ada dampak yang merugikan untuk lingkungan”, tambah Novrizal.

Tetapi sampai pada saat ini masih melakukan pengelolaan sampah organik dan sampah anorganik menggunakan sistem landfill di beberapa daerah di Indonesia. Sehingga menimbulkan dampak untuk lingkungan sekitarnya.

Dilansir dari Kompasiana.com “Pengelolaan sampah dengan sistem landfill selalu membutuhkan lahan sebagai tempat pembuangan akhir. Sehingga mempengaruhi kesehatan dan lingkungan bagi warga sekitarnya. Seperti Pencemaran Tanah, tanah yang semula bersih dari sampah akan menjadi tanah yang bercampur dengan limbah/sampah, baik organik maupun anorganik, Pencemaran Air mempengaruhi kualitas air tanah akibat limbah sampah yang akan meresap ke tanah dan akan terkumpulnya berbagai macam penyakit di sekitar wilayah tersebut” (Iwan Budisantoso, 2011).

Oleh karena itu, kalau kita terus menerus menggunakan kapas pasti akan semakin banyak sampah kapas yang menumpuk dan semakin banyak sampah kapas yang dikelola. Sehingga semakin buruk nya kualitas tanah dan air yang berada di lingkungan tersebut yang juga akan berdampak kepada kesehatan warga sekitar.

2. Dampak Bagi Kulit Wajah

Dr. Johan Kartayana M.Ked (DV), Sp.KK mengatakan “Kapas menggunkan proses pemutihan pada pembuatannya. Jadi, kadang pada kulit yang sensitif bisa saja menimbulkan reaksi alergi dan penggunaan kapas kadang dapat meninggalkan serat kapas di wajah yang bisa menimbulkan iritasi atau menyumbat pori-pori. Selain itu juga terus menerus menggunakan kapas juga menjadikan boros produk karena diserap lebih banyak oleh kapas”.

Dari pernyataan diatas bahwa Kapas itu merugikan untuk diri sendiri dan lingkungan kita. Untuk itu ayo mulai dari hari ini kita beralih dari kapas dengan menggunakan Reusable Cotton Pads, Pengganti kapas ramah lingkungan dan lebih banyak memberikan dampak positif nya.

Sekarang ini sudah banyak sekali produk Reusable Cotton Pads yang di jual dengan berbagai jenisnya di online shop atau store di suatu tempat. Seperti salah satu produknya adalah Jacquelle. “Jacquelle Reusable Cotton pads ini berbahan microfiber yang bisa digunakan berulang-ulang dengan cara dicuci dengan air bersih saja dan juga berfungsi untuk mengangkat sisa-sisa make up dengan air saja atau juga bisa dengan micellar water”, Ujar Jacquelle Marketing Communication.

Reusable Cotton Pads dengan bahan microfiber ini sangat aman untuk kulit wajah kita khususnya untuk kita yang memiliki wajah yang sensitif”, tambah Jacquelle Marketing Communication.

Jadi dengan kita menggunakan Reusable Cotton Pads ini, kita bisa menjaga wajah kita menjadi lebih sehat, halus, bersih, segar dan juga peduli dengan lingkungan sekitar agar tetap terjaga dengan baik kualitas dan kesehatan nya. Yuk, dari sekarang Stop menggunakan Kapas dan Beralih kepada ‘Reusable Cotton Pads’.

Writer : Ines Dinovrianti Iwan Putri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here