Laporan Untuk Gubernur Anies : Arifin Kasatpol DKI Tidak Berani Tindak Bawahannya Yang Melanggar

164
709

Jakartamedia.co.id – Salah satu tugas satuan Polisi Pamong Praja adalah menegakan peraturan daerah serta menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat, masalah substansi ini benar dilaksanakan atau tidak itu tergantung pada mental dan kredibilitas aparatnya dilapangan, segala peraturan dapat dibuat secara Konseptual, soal aktualisasinya masyarakat yang akan memberikan penilaian, insiden 19 Juni 2020 di Kelurahan Kramat senen Kotamadya Jakpus DKI Jakarta merupakan satu contoh dan pembelajaran bagi eksistensi aparat pamong praja, berawal dari pencopotan spanduk oleh oknum satpol PP sdr Poni dalam konteks protes pelaksanaan Rapid Tes Kelurahan Kramat Senen, hingga kini pengaduan warga masyarakat tentang tingkah polah dan tindakan arogansi Oknum tersebut tidak dan belum mendapat tindakan dari atasannya Kasatpol Provinsi DKI dibawah pimpinan Arifin , Sekretaris Dinas Satpol PP , saudara Herry Purnama hanya menjawab belum, belum dan belum

Mohamad Risal tokoh dan ketua FMWK , Forum Musyawarah Warga Kramat , sangat prihatin dan menyesali sikap dan tindakan Kasatpol DKI ini, satu bulan lebih sejak insiden tersebut Arifin tidak berkomentar dan Blbersikap serta belum juga mengambil keputusan terkait arogansi bawahanya saudara Poni.

Maksudnya apa, takut kah atau begitu kuatnya perlindungan sesama Korps, tokoh ini seakan bertanya tanya, apalagi, lanjut Ketua FMWK ini, tindakan oknum tsb tidak berdasar kepada aturan Permendagri Nomer 41 Tahun 2011 tentang organisasi dan tata kerja Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jakarta, pada Pasal 20 butir E yang mengatakan : Dalam melaksanakan tugasnya sebagaimana dimaksud dalam pasal 6, Satpol PP mempunyai fungsi melakukan koordinasi untuk menegakan perda dan peraturan Kepala Daerah serta penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat dengan Kepolisian Negara RI , penyidik pegawai negeri sipil daerah dan aparatur lainnya, lelas ini pelanggaran berat, oknum Poni tidak pernah melakukan koordinasi dengan tiga pilar di kelurahan , seharusnya Satpol PP Provinsi DKI Jakarta paham tentang hal ini dan setidaknya tindakan terhdap oknum tersebut dapat diputus melalui pasal dimaksud dan Arifin harus tegas dan berani agar insiden saudara Poni tidak akan menjadi preseden buruk selanjutnya, demikian tandas tokoh ini .

Resistensi pengambilan kebijakan maupun keputusan bagi seorang pimpinan di birokrasi memang menjadi sebuah dilema, faktor kehati -hatian dan kwatir adanya gugatan balik atas keputusan tersebut juga menjadi pertimbangan seorang pimpinan yang memiliki otoritas mengambil kebijakan tersebut , namun setidaknya Inilah sebuah resiko dan ujian bagi seorang atasan dalam menentukan sikap dan tindakan untuk mengawal , menjaga dan mengamankan setiap peraturan peraturan pemerintah dan Negara, Hal ini pun di amini oleh Amin Siregar seorang pengamat kebijakan birokrasi; Essensi untuk pengambilan keputusan dan kebijakan seorang birokrat adalah kewajiban paripurna, disamping keberanian dan tegas , Insting kemampuan secara Knowledge juga dibutuhkan, sebab soal ini menyangkut kewibawaan pemerintah yang juga memiliki rasa untuk melindungi Undang-undang yang nota bene adalah produk negara, tegas Siregar .

Kewibawaan pemerintah sangat penting dan substansial jika dilaksanakan sesuai Protap dan SOP , namun disisi lain mentalitas birokrasi yang memiliki otoritaspun tidak disanksikan baik soal kredibilitasnya dan dedikasinya , Mohamad Risal Ketua FMWK pun Menambah kan ; ” Bahwa preseden biruk pencopotan spanduk oleh Kasatpol Kelurahan Kramat Senen Jakpus adalah Sejarah buruk bagi penanganan ketertiban umum dan ini juga sekaligus untuk laporan ke Gubenur Anies, agar beliau mengetahui dan paham bahwa insiden pelanggaran dikelurahan Kramat Senen Jakarta Pusat oleh Kasatpol PP belum diambil tindakan. Demikian Ujar tokoh ini mengakhiri pernyataannya.(Red)

164 KOMENTAR

  1. I do consider all of the ideas you’ve offered to your post. They’re very convincing and will definitely work. Still, the posts are too quick for beginners. May you please prolong them a bit from next time? Thank you for the post.

  2. Great post. I was checking constantly this blog and I’m impressed! Extremely helpful information particularly the last part 🙂 I care for such info a lot. I was seeking this certain information for a long time. Thank you and good luck.

  3. our unique online store offer some of the most affordable prices around & a great mix of styles in wigs, shape-wear, trendy fashion, & accessories to help you find your look & Exude Confidence! Whether you prefer the Chic, Preppy, Edgy, or just plan Sassy… We have something for you!”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here