Icon Wisata Kuliner akan Dikembangkan di Pasar Bahari Kumai

0
1

Jakartamedia.co.id |Bupati Kotawaringin Barat, Hj. Nurhidayah mengatakan bahwa dalam rencana pengembangan Pasar Bahari kedepannya akan dijadikan tempat wisata kuliner. Yang mana posisi keberadaan Pasar Bahari di tepi Sungai Kumai, jadi orang yang berbelanja di pasar bisa melihat pemandangan sungai. Adapun pada saat ini sebagian besar para pedagang berjualan ikan segar di Pasar tersebut, kata Bupati pada saat menghadiri acara syukuran di Pasar Bahari, Kelurahan Kumai Hilir, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalteng. Pada hari Jumat, (19/02/2021).

“Kedepannya konsep pasar ini tidak hanya menjadi transaksi jual beli ikan segar saja, tetapi ada icon yang lain terutama wisata kuliner. Hal ini juga ada korelasinya, ketika pulang para wisatawan yang berkunjung di Taman Nasional Tanjung Puting bisa mampir di Pasar ini untuk makan sambil menikmati panorama sore hari,” kata Bupati.

Bupati Kobar juga menjelaskan kesepakatan masyarakat Kumai terkait perubahan nama pasar ini yang sebelumnya bernama Pasar Saik Kumai, setelah dilakukan perbaikan pasar ini yang tujuannya agar dari sisi kerapian, kebersihan dan kenyamanan pasar tertata baik. Dibangunnya pasar ini berdasarkan survei orang yang berkunjung kepasar ini.

“Pasar Bahari ini sebelumnya merupakan pasar Saik Kumai, dan setelah di lakukan renovasi, kemudian pasar ini di ganti menjadi Pasar Bahari Kumai, nama pasar ini merupakan kesepakatan bersama dari para pedagang di pasar tersebut. Keinginan kita untuk memperbarui pasar Bahari ini, agar pasar ini terlihat lebih indah, bersih dan nyaman, karena yang berkunjung ke pasar ini tidak hanya pembeli dari masyarakat Kobar saja, tetapi dari hasil survei yang kita lakukan, ada juga dari kabupaten tetangga yang berbelanja di pasar ini,” ungkap Hj. Nurhidayah.

Bupati juga selalu mengingatkan dalam melakukan aktivitas di Pasar agar tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19.

“Saya tak henti-hentinya menyampaikan kepada para pedagang untuk selalu menjaga protokol kesehatan terutama penggunaan masker karena pasar ini adalah tempat berinteraksi antara pembeli dan pedagang tentunya akan banyak orang yang berkunjung di pasar ini guna mengantipasi penularan covid-19,” katanya.

Harapan Bupati Kobar meminta kepada para pedagang, pelaku UMKM, agar dapat merawat pasar ini, juga tetap menjaga kebersihan, keamanan dan ketertibannya, karena ini merupakan aset kita, pungkasnya.
( Oks/Pj )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here