Dirlantas Polda Metro Jaya akan Kembangkan Jenis Pelanggaran Lalin yang Direkam E-TLE

0
1

jakartamedia.co.id | Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengembangkan jenis pelanggaran yang akan direkam kamera tilang elektronik (electronic traffic law enforcement/e-TLE). Sehingga nantinya, pelanggaran lalu lintas yang selama ini tidak dapat dianalisis dapat direkam oleh kamera e-TLE.
“Kita akan kembangkan bukan hanya dari jumlah kamera tapi juga dari sisi jenis pelanggaran apa yang bisa ditangkap oleh kamera. Kalau sekarang kan tidak semua, hanya pelanggaran tertentu aja. Misalnya menggunakan handphone, melanggar stop line, melanggar lampu merah tidak pakai sit belt. Tentu ini akan kita kembangkan kamera ini juga bisa menangkap pelanggaran-pelanggaran lainnya,” kata Sambodo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, 22/1/2021.lalu.

Selain itu, Sambodo mengatakan setiap harinya pihaknya mencatat ada 600-800 pelanggaran lalu lintas yang tertangkap kamera e-TLE. Dia menyebut sistem penindakan e-TLE tersebut dinilai lebih transparan dibanding penindakan manual.

“Dari segi transparansi ini luar biasa karena menghilangkan proses negosiasi dan sebagainya antara petugas dan masyarakat karena tidak ada pertemuan antara petugas dan masyarakat sehingga ini meningkatkan akuntabilitas Polri dalam hal ini Polantas dalam bekerja,” terang Sambodo.

Lebih lanjut, Sambodo mengatakan pihaknya berharap ada 100 kamera e-TLE yang terpasang di jalan-jalan Jakarta tahun ini. Dengan penggunaan kamera e-TLE tersebut, Sambodo menyebut penindakan tilang di lapangan akan bisa dihilangkan ke depannya.

“Ya secara bertahap karena mudah-mudahan ke depan akan tambah banyak lagi (kamera e-TLE),ucap”Sambodo,”Yus,,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here