DANLANAL Banjarmasin kunjung kerja ke Pos AL Kumai

0
31

Jakartamedia.co.id | Kotawaringin Barat –Komandan LANAL Banjarmasin Kol Laut (P) Sandharianto mengunjungi Pos AL dalam rangka kunjungan kerja. Di Pos AL Kumai Kecamatan Kumai Kotawaringin Barat.

Sandharianto mengatakan bahwa kehadiran saya di Pos AL Kumai Kotawaringin Barat ini, melaksanakan kunjungan kerja. Adapun LANAL Banjarmasin ini yang meliputi wilayah kerja ada di dua Provinsi yaitu, Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, katanya.

Disamping itu kami meninjau kesiapan dan bagaimana situasi kondisi prajurit kami, yang mana komandonya cukup jauh dari Banjarmasin, ucapnya.

Berikutnya saya meneruskan untuk penyampaian bantuan dari Dinas Hidro-
Oseanografi TNI Angkatan Laut, berupa 500 lembar peta dengan buku aplikasi navigasi ke SMK 3 Kumai.

“Untuk membantu pelajar di SMK 3 Kumai dalam bidang navigasi karena sebelumnya Pos TNI Angkatan Laut di minta bantuan untuk memberikan pelajaran tentang ilmu navigasi di SMK 3,” ungkapnya.

Harapan DANLANAL untuk kedepannya bantuan yang sudah diberikan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para pelajar di SMK 3 Kumai untuk menambah ilmunya tentang ke Navigasian, katanya.

Dengan keberadaan Pos kami ini bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk masyarakat.Sesuai dengan tugas pokok TNI Angkatan Laut ini adalah penegakan hukum di perairan yurisdiksi Nasional.
Kemudian yang paling penting adalah melaksanakan pembinaan potensi maritim, jelasnya.

Dirinya sering menekankan kepada personil khususnya yang berada di bawah jajaran Lanal Banjarmasin agar kehadiran Pos TNI Angkatan Laut Ini bisa memberikan manfaat dan solusi untuk masyarakat sekitar jangan sampai menjadi kendala bagi masyarakat.

“Berikanlah apa yang kita bisa berikan kepada masyarakat sekitar,” tegasnya.

Lebih lanjut Komandan LANAL Banjarmasin mengatakan
rencana pembangunan LANAL Kumai yang sudah disetujui oleh panglima TNI, adalah LANAL Tipe C yang Komandannya berpangkat Mayor.

Sejalan dengan itu memang berencana akan membangun diatas tanah TNI AL yang sudah bersertifikat, namun kembali lagi situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan karena adanya situasi pandemi Covid-19. Maka perencanaan ini mundur, katanya.

Sandharianto mengungkapkan
saat ini di TNI Angkatan Laut
ada beberapa skala prioritas yang harus didahulukan. Untuk pembangunan TNI Angkatan Laut khususnya sedang mengembangkan organisasi, untuk prioritas pertama mengembangkan armada yang saat ini ada tiga Armada, yaitu Armada 1, Armada 2, dan yang terbaru adalah Armada 3 untuk diwilayah Timur tepatnya di Sorong Papua, dan
prioritas
kedua adalah pengembangan Alutista. Selanjutnya perioritas ketiga, pembangunan peningkatan Pos menjadi LANAL, untuk perencanaan ini akan berjalan seiring dengan waktu, apabila nanti sudah dalam kondisi normal mungkin pembangunan bisa dilaksanakan, pungkasnya ( Oks/Pj),

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here