AWAS!!! SERING MENGECEK SMARTPHONE SAAT BANGUN TIDUR MENIMBULKAN GANGGUAN KESEHATAN MENTAL

5
164

jakartamedia.co.id – Kemajuan teknologi membuat kita melakukan segala hal menjadi mudah, akan tetapi banyak masyarakat disekeliling kita yang tidak menyadari dampak buruk atau efek samping yang kita rasakan justru membahayakan tubuh kita sendiri .

Adanya tuntutan pekerjaan atau kebiasaan, kita sering langsung membuka ponsel usai bangun tidur. Entah itu mengecek email, membalas chat, atau sekedar scrolling media sosial mencari informasi terbaru, tentu kebiasaan ini hanyalah persoalan sepele dalam pandangan mereka namun, jika terus-menerus dilakukan akan berakibat fatal dan satu-persatu gangguan kesehatan mental pada diri kita mulai bermunculan.

Riset tahun 2007 yang terbit di Journal of Neural Transmission mengidentifikasi paparan cahaya biru sebagai peningkatan kinerja kognitif. Kemudian, studi 2011 yang terbit di Journal of Applied Physiology menemukan, cahaya biru menekan hormon melatonin pada otak manusia.

Menurut pandangan nara sumber yang saya jumpai sebagai pelaku yang sering melakukan hal tersebut mereka sudah terbiasa atau habbit dengan aktivitas rutin tersebut saat bangun tidur. Mereka justru akan merasakan kehilangan kebiasaan apabila aktivitas tersebut tidak mereka lakukan dan mereka beropini “I am fine, selama saya enjoy melakukan kebiasaan tersebut kenapa saya harus khawatir dengan mental saya”. Akan tetapi, berbeda dengan pandangan menurut seorang ahli psikologi yang saya jumpai di tempat beliau praktek di daerah Jakarta Barat menegaskan bahwa kebiasan tersebut menimbulkan dampak negative yang berbahaya apabila kita mengabaikannya. Beliau berkata”memang kita merasakan ini bukan suatu hal yang besar tapi lama-kelamaan kalau kita abaikan penyakit mental tanpa kita sadari itu mulai berdatangan dan pastinya kita akan merasa lebih malas beraktivitas karna asik kepoin social media dan rasa kecemasan meningkat jika ada hal-hal yang berlawanan dengan apa yang di pikirkan nya saat itu”pungkasnya.

Inilah dampak negative yang kita rasakan jika terlalu sering mengecek ponsel saat bangun tidur di pagi hari ialah :

Pertama,mudah merasa cemas di pagi hari. Terlebih lagi apabila mengenai soal pekerjaan yang tak kunjung usai dan justru bertambah banyak mendapatkan tugas dari atasan dengan di tentukannya deadline melalui via whatsApp group.

Kedua, yang ada di pikiran kita hanyalah informasi itu membuat kita kesulitan menentukan prioritas yang tepat. Ketika pikiran kita seharusnya fresh dan lapang di pagi hari. Kita memilih membuatnya kewalahan menyerap beragam informasi dari notifikasi.

Ketiga, berkurangnya tingkat produktivitas dan kreativitas . Ini sangat merugikan diri sendiri sebab setiap manusia memiliki tingkat kecerdasan yang cukup sementara itu dengan pengaruh gadget membuat kita bersikap malas untuk bergegas cepat dipagi hari.

Keempat, mata kita jadi mudah lelah dalam menerima informasi melalui smartphone dikarenakan sinar biru yang terlalu sering menyoroti kornea mata kita sehingga sering terjadi bertambahnya tingkat rabun jauh pada mata kita.

Kelima,menjadi badmood. Belum melakukan aktivitas apa-apa, kita sudah dibuat jengkel atau bahkan iri dengan kehidupan orang lain di media sosial yang tampak lebih bahagia. Kita sudah sibuk membandingkan diri dengan orang lain. Hal ini justru memperburuk mental pada diri kita.
Adapun beberapa alasan yang membuat kita langsung mengecek ponsel saat bangun tidur :
1. Ketidak sengajaan ingin mematikan alarm di ponsel
2. Banyaknya notifikasi chat yang berbunyi dan muncul dilayar depan membuat kita ingin mengetahui dari siapa dan apa isi chat yang masuk.
3. Memang keinginan si pemilik ponsel untuk membuka handphone dengan melihat berita terbaru dari akun social media miliknya.

Selain langsung mengecek ponsel saat bangun tidur ada baiknya kita terbiasa untuk melakukan hal yang lebih bermanfaat seperti minum air putih/air perasan lemon, lalu berolahraga agar badan tetap sehat dan bugar ,bergegas mandi serta melakukan aktivitas rumah untuk para ibu rumah tangga.
Salah satu tokoh Steven Bartlett, pria berusia 27th merupakan CEO of Social Chain asal bostwana,Afrika pun memberikan opini di akun social media milik nya yaitu twitter, beliau mengatakan bahwa “ Your menthal health is more important than your career,money,other people’s opinions,that event you said you would attend, your partners mood and your families wishes,combined. If taking care of yourself means letting someone down, then let someone down”.

Untuk itu mari kita lebih perduli terhadap kesehatan mental pada diri masing-masing dan hindari kebiasaan buruk mulai dari hal kecil yang dianggap remeh oleh banyak kalangan yang tidak mengetahui dampak tersebut.

Writer : Farah Faryan

5 KOMENTAR

  1. Hello There. I found your blog using msn. This is a really well written article.
    I’ll be sure to bookmark it and return to read more of your
    useful information. Thanks for the post. I will certainly comeback.
    adreamoftrains best website hosting

  2. I’ve been surfing on-line greater than 3 hours
    these days, but I never discovered any attention-grabbing article like yours.
    It’s pretty price enough for me. In my opinion, if all website
    owners and bloggers made excellent content as you
    did, the internet will likely be a lot more useful than ever before.
    yynxznuh cheap flights

  3. Hey there just wanted to give you a quick heads up and let you know a few of the pictures aren’t loading correctly.
    I’m not sure why but I think its a linking issue. I’ve tried it
    in two different web browsers and both show the same results.

  4. I have to thank you for the efforts you have put in writing this website.
    I really hope to see the same high-grade blog posts from you later on as well.
    In truth, your creative writing abilities has motivated me to get my very own blog now 😉

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here