Anggota Sabhara Dan SPKT Adalah Ujung Tombak Pelayanan Prima

0
1

Jakartamedia.co.id | Sampit – Kapolres Kotim jajaran Polda Kalteng, menyampaikan Jukrah kepada Anggota Sat Sabhara dan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) untuk Pelayanan Prima kepada masyarakat, di Mapolres Kotim Jalan Jenderal Soedirman Km.0, Sampit Kabupaten Kotim, Provinsi Kalteng. Selasa (19/1).

Dalam Kesempatan tersebut Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin, S.I.K, M.Si mengambil Apel Anggota Sabhara dan SPKT dalam rangka menuju WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani), dalam hal ini sebagai wujud tampilan atau Etalase Mako tempat Pelayanan ujung tombak pertamanya adalah berada di Penjagaan Sabhara dan Personil yang bertugas SPKT sebagai sasaran pertama yang dituju oleh masyarakat yang memerlukan pelayanan Kepolisian.

Dalam Perannya sebagai Anggota Sat Sabhara yang bertugas di Penjagaan adalah orang yang pertama kali didatangi oleh masyarakat untuk bertanya dan memberitahukan apa keperluannya sehingga mendatangi Kantor Kepolisian, sebagai Personil yang ditugaskan dapat mengambil perannya bisa dengan Humanis menyapa dan menanyakan apa yang perlu dibantu, selanjutnya setelah menerima apa keperluannya, Personil bisa mengarahkan bahkan bisa mengantarkan kemana tempat yang ingin ditujunya, hal ini dilakukan agar warga masyarakat saat memasuki Mako, yang dengan ketidaktahuannya bisa langsung sampai kepada tempat pelayanan sesuai dengan yang diperlukan, misalnya Laporan Pengaduan, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Sidik Jari, Pemeriksaan Unit Reskrim dan lain-lainnya.

Selanjutnya Personil yang ditugaskan di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) adalah merupakan tempat pertama yang didatangi oleh warga masyarakat yang mengalami kesusahan atau sebagai Korban dari tindak Pidana, dalam hal ini Petugas SPKT harus bisa benar-benar melayani dengan Empati serta tidak menambah bebannya dengan prosedur-prosedur lain yang sebenarnya masih bisa disusulkan, dengan kesigapan dalam pelayanan maka masyarakat dapat terlayani sesuai dengan harapannya sebelum diteruskan kepada Proses Kepolisian selanjutnya.

Untuk bisa meraih Predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) Pola Pikir seluruh Anggota harus bisa berubah, yang paling utama dibenahi adalah Mindset dari seluruh Anggota Polres Kotim agar bisa memberikan Pelayanan Prima kepada masyarakat, yakni berupa pelayanan yang mudah, murah, cepat dan transparan di masing-masing Fungsi Kepolisian yang diembannya, semua harus dalam satu Frequensi yakni Melayani, jelasnya. (Ariyanto / humas Polres Kotim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here