Aksi Perubahan Iklim Selaras Dengan Agenda Pembangunan Berkelanjutan

0
69

jakartamedia.co.id , 7 Desember 2019 – Di Paviliun Indonesia pada perhelatan Konferensi Perubahan Iklim (COP25) di Madrid, sejumlah pembicara internasional mengingatkan perubahan iklim sudah menjadi kenyataan. Upaya mitigasi pun harus dilakukan dengan tetap menyelaraskan implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Pejabat senior Sekretariat @unfccc Martin Frick mengajak semua pihak bersama-sama mengambil aksi yang lebih kongkret. Menurut Frick, upaya pengendalian perubahan iklim tidak akan menghambat agenda SDGs bahkan bisa berjalan beriringan.

“Membina petani untuk mengelola lahan pertanian dengan lebih lestari berarti bisa menambah cadangan air di dalam tanah, sekaligus meningkat produksi panen sehingga meningkatkan kesejahteraan. Pada saat yang sama langkah itu juga mendukung pemberdayaan perempuan,” pungkasnya.

Sementara Stefanos Fotiou, Direktur UN ESCAP, unit PBB di Asia Pasific mengatakan bahwa salah satu solusi dari tercapainya multi agenda keberlanjutan global adalah efisiensi pemanfaatan sumber daya alam.

Sementara perwakilan @unep , Mozaharul Alam menggaris bawahi pentingnya upaya pencapaian SDG nomor 7 melalui upaya meningkatkan kerja sama internasional dan memfasilitasi akses ke penelitian dan teknologi energi bersih.

Dari KLHK, Kepala Pusat Standarisasi Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Noer Adi Wardojo menyatakan Indonesia terus mendorong pola konsumsi dan produksi berkelanjutan, misalnya tentang peredaran kayu legal, eco office, pengembangan standar produk ramah lingkungan, dan pengadaan barang/jasa ramah lingkungan di instansi pemerintah.

Noer Adi menambahkan, penerapan pola konsumsi berkelanjutan diterapkan dari praktik yang sederhana seperti menggunakan kantong yang bisa diguna ulang. Praktik ini sudah berhasil diterapkan di banyak tempat di Indonesia.(Ricardo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here