2 Orang Tersangka Penambang Emas di Desa Sambi, diamankan Petugas

0
3

Jakartamedia.co.id |  Satreskrim Polres Kabupaten Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah Penyidik unit PPA yang dikomandoi satreskrim Polres pada hari Senin Tanggal, 08 Februari 2021 sekitar jam 13.00 wib mengamankan 2 orang tersangka berwarga cina / WNA. dan barang bukti, yang berada di lokasi Desa Sambi kecamatan Arut Utara Kotawaringin Barat.

Tersangka ini adalah pelaku yang melakukan kegiatan pertambangan tanpa izin / Ilegal dengan komoditi emas.

kronologi singkatnya, beberapa waktu yang lalu sempat beredar video viral yang memperliharkan aktivitas pertambangan di Desa Sambi. dari warga masyarakat, berdasarkan dari postingan video tersebut yang sudah viral kami melakukan penyelidikan hasil penyelidikan itu akhirnya kita dapatkan lah dua orang tersangka.

Keterangan pers Kapolres kab Kotawaringin Barat, Selasa 23 Februari 2021. “mereka ( para penambang tersebut )melakukan aktivitas pertambangan ilegal di bidang komoditi emas”,dengan cara mengumpulkan material tambang yang diduga mengandung material emas itu yang diperoleh dari sekitar lokasi tersebut.kemudian para tersangka ini melakukan proses tersebut dengan cara menyiramkan air ke material tambang yang sudah disimpan di kolam penampungan material tambang tersebut yang ketiga untuk melakukan kegiatan pertambangan tersebut .

Para tersangka menggunakan alat berat berupa excavator, dan bahan kimia berupa air raksa, karbon kapur, boraks,semen putih,dan etanol. dalam melakukan kegiatan pengolahan atau pemurnian emas tersebut dilakukan tanpa memiliki izin.

kedua tersangka selaku koordinator dan bagian operasional dalam kegiatan pertambangan tersebut.

Pasal yang dipersangkakan disini adalah pasal 158 junto pasal 35 undang-undang RI nomor 03 tahun 2020 tentang perubahan atas undang-undang RI nomor 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batubara di mana setiap orang yang melakukan penambangan tanpa izin diancam dengan hukuman pidana 5 tahun penjara dan denda paling banyak di sini adalah 100 miliar rupiah.

kemudian barang bukti yang berhasil kita amankan dalam proses penyelidikan dan penyidikan kasus ini satu unit ekskavator kemudian yang kedua adalah 1 unit metal detektor yang ketiga 1 unit genset keempat 1 unit mesin kato air, 1 unit mesin pompa air 1 unit mesin blower 1 unit mesin pembakaran 1 unit mesin dompeng satu buah timbangan 1 buah, 1 buah wajan besar 1 buah tungku 1 buah selang selang plastik selang spiral pipa terpaut satu karung karbon satu karung kapur satu karung boraks satu karung semen putih 4 botol ammonium sitrat tribasic tempat botol sodium kemudian 16 botol dua botol urea, satu botol acetic acid satu karung tanah yang diduga mengandung emas dan 1 karung material yang sudah dicampur.ada 31 item barang bukti yang berhasil kita amankan papar Kapolres.( Ok.s )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here